Pengembang Properti Terkemuka di Indonesia Selama 54 Tahun

September 21, 2023

Pengembang Properti Terkemuka di Indonesia Selama 54 Tahun 1

Agung Podomoro Land (APL) adalah perusahaan pengembang properti terkemuka yang telah beroperasi selama lebih dari 54 tahun. Perusahaan ini didirikan oleh Anton Haliman pada tahun 1969 dan berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Agung Podomoro telah membangun berbagai macam properti, termasuk perumahan, apartemen, serta properti komersial seperti pusat perbelanjaan dan perkantoran.

Sejak didirikan, Agung Podomoro Group telah melaksanakan proyek-proyek pengembangan properti seperti Podomoro City Jakarta dan proyek terbarunya adalah Parkland Podomoro Karawang. Pengembang properti ini membangun proyek-proyek dengan standar kualitas yang tinggi dan selalu memperhatikan kebutuhan pembeli.

Tentang Pengembang Properti Agung Podomoro

Agung Podomoro adalah pengembang properti yang memiliki 40 anak usaha. Dan 13 entitas dengan kepemilikan tidak langsung melalui anak usaha, dan 4 entitas asosiasi di bidang properti yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan berbekal pengalaman lebih dari 50 tahun sebagai bagian dari Agung Podomoro Group, APL memiliki pondasi yang solid untuk menjadi pengembang terdepan dalam menggarap pasar properti di Indonesia.

Perjalanan panjang Agung Podomoro Land telah membentuk perseroan menjadi pengembang properti terkemuka yang kokoh dan berhasil melewati berbagai tantangan, baik tantangan global maupun lokal di Indonesia. Tantangan dan krisis yang dihadapi selama ini telah menjadi pendorong bagi perusahaan untuk terus berinovasi dan mengambil langkah strategis yang tepat untuk menjawab setiap tantangan bisnis.

Dengan pengalaman dan komitmen yang telah terbukti selama lebih dari setengah abad, Agung Podomoro Land terus memegang teguh visi dan misinya untuk menjadi pemimpin pasar dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan ekonomi nasional. Agung Podomoro Land terus berinovasi dan mengembangkan berbagai proyek properti dengan kualitas unggulan dan memenuhi berbagai kebutuhan Masyarakat.

Dalam 10 tahun terakhir, Agung Podomoro telah menyelesaikan lebih dari 50 proyek properti dengan mayoritas ditujukan untuk segmen masyarakat kelas menengah. Kisaran proyek tersebut mulai dari low-cost apartment hingga high-end apartment di Jakarta Selatan, neighborhood mall dan high-end, shophouses, office tower serta hotel.

Dengan memiliki motto untuk menjadi bagian dari masa depan para pemangku kepentingan dan memberikan gaya hidup yang harmonis, Agung Podomoro Land yakin dapat terus berkembang pesat di Indonesia. Agung Podomoro berkeyakinan bahwa kombinasi pengetahuan lokal dan standar internasional akan membawa kesuksesan di masa depan.

*Baca Juga: Agung Podomoro Bangun Club House Premium di Bukit Podomoro Jakarta

Penjualan dan Pendapatan APLN Semester I 2023

Pada periode yang berakhir pada 30 Juni 2023, PT Agung Podomoro Land Tbk ("kode saham: APLN" atau "Perusahaan") mencatatkan penjualan dan pendapatan usaha perusahaan mencapai Rp. 1,87 triliun, dengan laba kotor sebesar Rp. 662,0 miliar. Selain itu, Perusahaan berhasil mengurangi kerugian komprehensif menjadi Rp53,2 miliar, yang sebelumnya mencapai Rp242,5 miliar pada periode yang sama tahun 2022.

Justini Omas, selaku Corporate Secretary PT Agung Podomoro Land Tbk, mengatakan bahwa kinerja semester I 2023 mencerminkan hasil positif dari berbagai inisiatif yang telah dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dalam semua proses bisnis. Langkah-langkah ini dilakukan guna memastikan bahwa fondasi bisnis Agung Podomoro tetap kokoh di tengah situasi ekonomi dan daya beli konsumen di sektor properti yang masih belum stabil.

Pada periode Januari-Juni 2023, APLN mencatatkan pengakuan penjualan sebesar Rp1,19 triliun, turun dari periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp1,55 triliun. Meskipun begitu, perusahaan berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan berulang, mencapai Rp678,9 miliar pada semester I-2023 dibandingkan dengan Rp652,6 miliar pada semester I-2022.

Sumber utama pendapatan berulang APLN berasal dari pendapatan sewa dari pusat perbelanjaan sebesar Rp 278,7 miliar dan bisnis perhotelan sebesar Rp 399,9 miliar dari sejumlah pusat perbelanjaan yang dimiliki oleh APLN. Beberapa di antaranya adalah Neo Soho, Emporium Pluit, Kuningan City, Baywalk, Deli Park Medan, Plaza Balikpapan dan Festival CityLink Bandung. Selain itu, APLN juga memiliki dan mengoperasikan beberapa hotel, termasuk Indigo Hotel Bali Seminyak, Ibis Styles Bandung Grand Central, Pullman Ciawi Vimala Hills dan Pullman.

Justini menjelaskan bahwa “Hotel-hotel yang dimiliki dan dikelola oleh APLN mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh normalnya aktivitas masyarakat, banyaknya liburan, dan perayaan Hari Raya Idul Fitri selama periode kuartal II-2023. Saat ini, APLN mengoperasikan 8 hotel yang terletak di Jakarta, Bandung, Bogor, dan Bali.”

Justini Omas mengatakan, bahwa “beberapa hotel utama APLN seperti Pullman Bandung Grand Central dan Pullman Ciawi Vimala Hills Bogor seringkali sold out. Kami memiliki keyakinan bahwa pendapatan berulang tahun ini, terutama dari bisnis hotel, akan mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.”

Justini melanjutkan, sebagai perusahaan di bidang properti, APLN akan terus melanjutkan pembangunan sejumlah proyek properti di berbagai kota di Indonesia. Pada periode ini, perusahaan juga telah memperkenalkan proyek properti baru, yaitu Parkland Podomoro di Karawang, Jawa Barat. Sementara itu, pembangunan dan serah terima unit-unit di beberapa proyek properti terus berlangsung, termasuk di Bukit Podomoro Jakarta, Kota Podomoro Tenjo, Kota Kertabumi Karawang, Vimala Hills Bogor, Podomoro Park Bandung, Podomoro City Deli Medan dan Podomoro Golf View Cimanggis.

Justini Omas menjelaskan bahwa sebagai langkah untuk mengurangi risiko yang terkait dengan ketidakpastian situasi ekonomi global, pada bulan Juli 2023, Perusahaan telah melakukan pembelian kembali (buyback) sebagian dari senior notes senilai USD300 juta yang diterbitkan oleh anak usaha APL Realty Holdings Pte. Ltd. Yang akan jatuh tempo pada bulan Juni tahun 2024. Total nilai pokok yang dibeli kembali adalah sebesar USD168,04 juta, setara dengan 56% dari total keseluruhan, dengan harga 60% dari harga penerbitan, yang setara dengan USD100,82 juta. Setelah pembayaran ini dilakukan pada tanggal 2 Agustus 2023, jumlah senior notes yang masih tersisa adalah sebesar USD 131,96 juta.

"Kami berharap bahwa dengan melakukan pembelian kembali sebagian senior notes ini, beban biaya keuangan akan terus berkurang, sehingga perusahaan akan memiliki lebih banyak sumber pendanaan untuk mendukung pengembangan proyek-proyek properti di masa mendatang. Perusahaan juga akan terus mengoptimalkan setiap peluang yang ada, sehingga pertumbuhan bisnis dapat dipertahankan secara berkelanjutan," kata Justini.

*Baca Juga: Podomoro Tenjo Bakal Menjadi Kota Mandiri Baru di Kabupaten Bogor

Proyek Hunian Terbaru Agung Podomoro Land

Agung Podomoro Land terus mengembangkan proyek-proyek properti yang inovatif dan berkualitas. Saat ini Agung Podomoro telah mengembangkan proyek hunian terbaru. Seperti Podomoro Park Bandung, Kota Podomoro Tenjo, Bukit Podomoro Jakarta, Podomoro City Deli Medan, Podomoro Golf View dan Parkland Podomoro Karawang.

Podomoro Park Bandung adalah sebuah kawasan hunian yang terletak di Jl. Raya Bojongsoang, Bandung. Area ini berdiri di atas lahan seluas 130 hektar dan menawarkan berbagai fasilitas seperti taman, kolam renang, area bermain anak-anak, dan jogging track.

Kota Podomoro Tenjo merupakan perumahan terkemuka yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kota Podomoro Tenjo menawarkan berbagai jenis rumah dengan fasilitas lengkap seperti taman, kolam renang, gym, dan lainnya.

Bukit Podomoro Jakarta adalah sebuah proyek perumahan yang terletak di Jakarta Timur. Kawasan rumah ini dilengkapi dengan beragam fasilitas. Sehingga penghuni dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar dari kawasan hunian.

Podomoro City Deli Medan adalah sebuah superblok seluas 5,20 hektar yang terletak di pusat niaga Medan, Sumatera Utara. Proyek ini terdiri dari Premium Office Tower, Exclusive Apartment, Premium Apartment, Tribeca Condominium, DeliPark Shopping Mall. Proyek ini memiliki konsep integrated living One Stop Living.

Podomoro Golf View merupakan sebuah kawasan hunian yang terintegrasi dengan area hijau dan komersial yang terletak di sebelah lapangan golf. Ini menjadikan pemandangan yang disajikan sangat indah. Podomoro Golf View menawarkan berbagai fasilitas, seperti pusat kebugaran, jogging track, lapangan tenis, dan ruang serbaguna.

Parkland Podomoro Karawang adalah proyek terbaru dari Agung Podomoro. Parkland Podomoro Karawang juga dikelilingi oleh berbagai fasilitas seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan tempat hiburan. Hal ini menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang mencari lingkungan hidup yang nyaman dan tentram.

Jika Anda tertarik untuk membeli hunian dari pengembang properti terkemuka, Anda bisa memilih hunian Agung Podomoro yang berlokasi di berbagai kota yang telah disebutkan diatas. Anda bisa membeli hunian di proyek Agung Podomoro yang berlokasi di Karawang, Bandung, Jakarta, Bogor, Depok Medan dan kota lainnya.