Hunian Low-rise Terjangkau di Pusat Kota Batam

April 19, 2021

Hunian Low-rise Terjangkau di Pusat Kota Batam 1 Hunian Low-rise Terjangkau di Pusat Kota Batam 2 Hunian Low-rise Terjangkau di Pusat Kota Batam 3

Secara garis besar, tipe hunian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu rumah tapak (landed house) dan hunian vertikal. Hunian vertikal yang biasa ditemui di Indonesia adalah rumah susun dan apartemen, di mana kedua tipe tersebut identik dengan bangunan tinggi menjulang yang terdiri dari ratusan unit di setiap tower. Hunian vertikal dengan konsep low-rise atau bertingkat rendah, di mana setiap tower hanya terdiri dari beberapa lantai, bisa terbilang masih cukup langka. Di Jakarta saja hanya terdapat segelintir hunian bertingkat rendah.

Coast Park di Batam adalah salah satu proyek terbaru keluaran Agung Podomoro Land. Coast Park dengan tipe hunian vertikal bertingkat rendah dan menempati kawasan perumahan yang prestisius & eksklusif di pusat kota Batam. Coast Park mengusung konsep asrama atau dormitory di mana ukuran kamar hunian tergolong besar sehingga dapat menampung banyak orang dalam kamar tersebut.

Bangunan bertingkat rendah memiliki berbagai keuntungan seperti akses yang lebih mudah, nuansa yang nyaman & tenang, dan memberikan privasi yang lebih dibandingkan hunian vertikal lainnya. Hadir dengan 4 tower dan jumlah unit yang sangat terbatas, Coast Park menawarkan dua tipe unit, unit studio dan unit dua kamar. Dikarenakan Coast Park tergolong sebagai hunian bertingkat rendah, setiap tower hanya terdiri dari 35 unit yang terbagi di 5 lantai.

Harga yang ditetapkan untuk unit studio mulai dari Rp 296,000,000 dan untuk dua kamar mulai dari Rp 409,000,000 dinilai terjangkau dan ideal untuk investasi. Hal ini didukung dengan lokasi ideal Coast Park yang dikelilingi pusat industri dan area komersial, sehingga Coast Park banyak diminati oleh penyewa atau pembeli dan diyakini bahwa nilai jual kembali Coast Park sangat luar biasa.

Batam sendiri memiliki nilai jual yang tinggi mengingat Batam adalah salah satu pusat bisnis terbesar di Indonesia. Terletak berdekatan dengan Singapura dan Malaysia, Batam menjadi sasaran investasi bagi investor dalam maupun luar negeri. Pada Oktober 2020 lalu, Batam mendapatkan investasi senilai Rp 10 triliun dan siap menjadi kota pintar (s mart city ). Selain itu, Batam juga memperoleh nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang lebih tinggi dari IPM nasional Indonesia. IPM adalah indikator untuk mengukur keberhasilan upaya pengembangan kualitas hidup penduduk, semakin tinggi nilai IPM semakin baik.

Cara pemerintah mengembangkan kualitas hidup penduduknya adalah melalui pembangunan infrastruktur dan fasilitas-fasilitas penunjang yang memadai. Setiap properti Agung Podomoro Land memiliki fasilitas yang lengkap, karena setiap proyek direncanakan dengan matang agar menjadi investasi yang menguntungkan dan menarik. Coast Park dilengkapi dengan pelbagai fasilitas internal dan eksternal yang mumpuni. Mulai dari area taman, taman bermain anak-anak, lapangan basket, hingga l eisure garden yang didesain oleh konsultan lanskap ternama Palmscape Singapore. Sebelumnya, Palmscape Singapore mendesain Podomoro Park di Buahbatu, Bandung serta Podomoro River View di Cimanggis, Depok.

Coast Park juga memiliki clubhouse eksklusif dan area komersial, seperti Park Avenue Lifestyle Mall yang terletak hanya selangkah dari Coast Park. Park Avenue Lifestyle Mall diresmikan pada 2018 dan merupakan pusat perbelanjaan pertama di Batam dengan konsep ruang terbuka, di mana konsep serupa sebelumnya telah berhasil diterapkan pada Tribeca Park di Central Park, Jakarta. Park Avenue Lifestyle Mall juga dilengkapi dengan berbagai tenan yang menarik seperti CGV Cinemas, Farmers Market, Starbucks, Miniso, dan sederet restoran ternama.

Melalui Coast Park dan Park Avenue Lifestyle Mall, Agung Podomoro Land mempunyai harapan tinggi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup penduduk Batam sehingga Batam semakin dilirik oleh investor domestik maupun internasional.