Berkomitmen Membangun Indonesia, Agung Podomoro Land Mencatatkan Kinerja Gemilang di Semester 1-2022

September 6, 2022

Berkomitmen Membangun Indonesia, Agung Podomoro Land Mencatatkan Kinerja Gemilang di Semester 1-2022 1 Berkomitmen Membangun Indonesia, Agung Podomoro Land Mencatatkan Kinerja Gemilang di Semester 1-2022 2

Agung Podomoro Land (APL) sebagai pengembang terdepan, terintegrasi, dan terpercaya sudah membangun dan merancang sejumlah properti selama lebih dari 50 tahuh di Indonesia, dengan volume yang besar dan jangkauan yang luas. Agung Podomoro juga jeli melihat situasi pasar dan melakukan pendekatan yang sesuai kebutuhan masyarakat, salah satunya dengan menciptakan desain bangunan hijau dan ramah lingkungan dengan desain yang menarik. Agung Podomoro berkomitmen mencari jawaban dan solusi kebutuhan masyarakat terhadap properti berkualitas dengan konsep Living in Style. Karena itulah, perusahaan menawarkan gaya yang lebih modern, elegan, mewah dan unik dalam mengembangkan hunian horisontal dan vertikal maupun properti komersial, seperti mall, trade mall, dan hotel.

Dengan sejumlah potensi dan keunggulan yang dimiliki tersebut, tak salah jika Agung Podomoro Land menjadi developer property terdepan saat ini. Terbukti, Agung Podomoro Land meraih kinerja cukup baik di semester I - 2022. Perusahaan ini berhasil mencatat penjualan senilai Rp 2,20 triliun pada semester 1 -2022. Nilai ini melesat 41,93% dari periode yang sama tahun lalu Rp 1,55 triliun. Berdasarkan laporan keuangan yang dirilis pada 31 Agustus 2022, Agung Podomoro membukukan laba bruto senilai Rp 876,99 miliar pada semester 1 - 2022, atau melonjak 56% dari semester 1 - 2021 sebesar Rp 562,16 miliar. Hingga Juni 2022, APL memiliki jumlah aset Rp 29,04 triliun atau turun tipis dari posisi akhir tahun lalu Rp 29,61 triliun. Pada semester I-2022, APL membukukan pengakuan penjualan sebesar Rp1,55 triliun, naik 48,0% dari Rp1,05 triliun pada periode sama tahun lalu.

Membaiknya kinerja APL sejalan dengan perekonomian nasional yang tumbuh positif. Dari Data BPS, Ekonomi Indonesia triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 tumbuh sebesar 5,01 persen (y-on-y). Sementara, pada triwulan II-2022 terhadap triwulan II-2021, Ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,44 persen (y-on-y). Pertumbuhan ekonomi yang positif telah meningkatkan daya beli dan keyakinan masyarakat untuk membeli properti. Membaiknya perekonomian nasional juga meningkatkan pergerakan di segmen bisnis jasa perhotelan dan pusat perbelanjaan. Aktivitas masyarakat di luar ruang seperti wisata, belanja dan berbagai kegiatan MICE semakin tinggi dan berdampak positif bagi bisnis hotel serta pusat perbelanjaan. Keberhasilan pemerintah dalam mengendalikan pandemi Covid-19 diharapkan akan terus meningkatkan aktivitas ekonomi, sehingga kinerja perusahaan juga semakin solid.

Untuk membantu pertumbuhan ekonomi nasional, APL memiliki strategi perusahaan dengan mempercepat pembangunan proyek-proyek properti yang berhasil meningkatkan angka pengakuan penjualan properti. Proyek-proyek properti APL di beberapa daerah seperti Podomoro City Deli Medan dan Podomoro Park Bandung mencatat nilai penjualan yang besar.

Podomoro City Deli Medan adalah Superblok termewah yang dikembangkan oleh Agung Podomoro Land. Superblok mewah ini dibangun di atas lahan seluas 5,2 hektar yang terdiri dari Exclusive Apartment, Premium Apartment, Tribeca Condominium, Premium Office Tower, DeliPark Shopping Mall dengan area terbuka hijau Rivapark & Hotel. Podomoro City Deli Medan merupakan superblok pertama di Medan dengan konsep terintegrasi One Stop Living, Working, and Shopping. Pada bulan Agustus 2022 lalu, APLN telah meluncurkan pemasaran apartemen menara terakhirnya di Superblok Podomoro City Medan, yakni Victory Tower. Apartemen dengan kapasitas 378 unit ini dikonsep sebagai hunian premium. Penjualan produk Podomoro City Deli Medan ini semakin meningkat karena didukung oleh sejumlah faktor, salah satunya adanya fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) Nol Persen dan insentif yang diberikan oleh Pemerintah hingga akhir tahun 2022 untuk sektor properti. Selain itu, program Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) yang diberlakukan hingga akhir September 2022 ini, dimanfaatkan oleh Agung Podomoloro Land lewat Podomoro City Deli Medan dengan menawarkan produk kondominium dan apartemen siap huni.

Sementara itu, Podomoro Park Bandung, proyek prestisius lain dari Agung Podomoro Land, baru saja memperkenalkan Klaster Padmagriya. Klaster ini dipasarkan khusus bagi para keluarga muda atau keluarga milenial yang menginginkan rumah pertama bagi kelanggengan dan ketentraman keluarga. Sebagai pengembang property terbaik, Agung Podomoro Land telah sukses memasarkan secara total 1.600 unit di Podomoro Park Bandung.

Kedua proyek di atas adalah sebagian dari komitmen Agung Podomoro Land untuk membangun untuk masyarakat Indonesia, yang akan semakin tumbuh dan berkembang di masa-masa mendatang. Tentu hal ini semakin membuktikan Agung Podomoro Land adalah pengembang property terdepan, terintegrasi dan terpercaya yang kokoh hadir untuk bangsa besar ini.